Cahaya

April 7, 2009 at 21:41 (Fisika)

1. Cahaya

Cahaya digolongkan sebagai suatu bentuk radiasi. Radiasi adalah sesuatu yang memancar  keluar dari suatu sumber tetapi bukan merupakan zat. Cahaya dapat dilihat mata manusia. Cahaya termasuk  gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang getarannya adalah medan listrik dan medan magnetic. Getaran ini tegak lurus terhadap arah perambatan cahaya, sehingga cahaya termasuk gelombang transversal.  Cahaya matahari dapat merambat melalui ruang hampa. Kelajuan gelombang ini adalah   300 juta m/s.

2. Pemantulan Cahaya

Pada permukaan benda yang rata seperti cermin datar, cahaya dipantulkan membentuk suatu pola yang teratur. Sinar-sinar sejajar yang datang pada permukaan cermin dipantulkan sebagai sinar-sinar sejajar pula. Akibatnya cermin dapat membentuk bayangan benda. Pemantulan semacam ini disebut pemantulan teratur atau pemantulan biasa.
Berbeda dengan benda yang memiliki permukaan rata, pada saat cahaya mengenai suatu permukaan yang tidak rata, maka sinar-sinar sejajar yang datang pada permukaan tersebut dipantulkan tidak sebagai sinar-sinar sejajar. Pemantulan seperti ini disebut pemantulan baur .

Hukum pemantulan cahaya dikemukakan oleh W. Snellius, menurutnya apabila seberkas cahaya mengenai permukaan bidang datar yang rata, maka akan berlaku aturan-aturan sebagai berikut :

1. Sinar datang (sinar jatuh), garis normal, dan sinar pantul terletak pada satu bidang datar.

2. Sudut sinar datang (sinar jatuh) selalu sama dengan sudut sinar pantul (sudut i = sudut r )

1-pemantulan-cahaya

3. Pemantulan Cahaya pada Cermin Datar

Sifat bayangan pada cermin datar :

1. Bayangan yang terjadi sama besar dengan benda.

2. Bayangan yang terjadi sama tegak.

3. Jarak benda sama dengan jarak bayangan

4. Bayangan cermin tertukar sisinya, artinya bagian kanan benda  menjadi bagian kirinya.

5. Bayangan cermin merupakan bayangan semu, artinya bayangan tidak dapat ditangkap oleh layar.

4. Pemantulan Cahaya pada Cermin Cembung

Hukum pemantulan juga berlaku pada cermin cembung.

Tiga sinar istimewa pada cermin cembung adalah:

Sinar datang sejajar sumbu utama dipantulkan melalui titik fokus

2-cermin-cembung-a

Sinar datang melalui titik fokus dipantulkan sejajar dengan sumbu utama

3-cermin-cembung-b

Sinar datang menuju titik pusat kelengkungan cermin dipantulkan kembali melalui titik pusat kelengkungan juga

4-cermin-cembung-cSifat Bayangan Pada Cermin Cembung

  • Sifat bayangan pada cermin cembung selalu maya, tegak, dan diperkecil.

5. Pemantulan Cahaya pada Cermin Cekung

Hukum pemantulan juga berlaku pada cermin cekung.

Tiga sinar istimewa pada cermin cekung adalah:

Sinar datang sejajar sumbu utama dipantulkan melalui titik fokus

5-cermin-cekung-a

Sinar datang melalui titik fokus dipantulkan sejajar dengan sumbu utama

6-cermin-cekung-b

Sinar datang menuju titik pusat kelengkungan cermin dipantulkan kembali melalui titik pusat kelengkungan juga

7-cermin-cekung-c


Sifat Bayangan Pada Cermin Cekung

  • Jika benda berada di ruang I, maka bayangan berada di ruang IV. Sifat bayangannnya adalah maya, tegak, dan diperbesar.
  • Jika benda berada di ruang II, maka bayangan berada di ruang III. Sifat bayangannnya adalah nyata, terbalik, dan diperbesar.
  • Jika benda benda berada di ruang III, maka bayangan berada di ruang II. Sifat bayangannya adalah nyata, terbalik, dan diperkecil.

6. Hubungan Jarak Fokus, Jarak Benda, dan Jarak Bayangan

14-rumus-a

Atau

15-rumus-b

Keterangan:

f : jarak fokus cermin

s : jarak benda ke cermin

s’ : jarak bayangan ke cermin

R : pusat kelengkungan cermin

7. Perbesaran Bayangan pada Cermin

16-rumus-c

Keterangan:

M : perbesaran bayangan

h’ : tinggi bayangan benda

h : tinggi benda

s’ : jarak bayangan benda ke cermin

s : jarak benda ke cermin

8. Pembiasan Cahaya

<!-Pembiasan cahaya adalah pembelokan cahaya ketika berkas cahaya melewati bidang batas dua medium yang berbeda indeks biasnya. Indeks bias mutlak suatu bahan adalah perbandingan kecepatan cahaya di ruang hampa dengan kecepatan cahaya di bahan tersebut. Indeks bias relatif merupakan perbandingan indeks bias dua medium berbeda. Indeks bias relatif medium kedua terhadap medium pertama adalah perbandingan indeks bias antara medium kedua dengan indeks bias medium pertama. Pembiasan cahaya menyebabkan kedalaman semu dan pemantulan sempurna.

Persamaan indeks bias mutlak

Indeks bias mutlak medium adalah indeks bias medium saat berkas cahaya dari ruang hampa melewati medium tersebut.

17-rumus-d

Hukum pembiasan cahaya dikemukakan oleh Snellius. Hukum tersebut berbunyi

  • Sinar datang, sinar bias, dan garis normal terletak pada satu bidang
  • Perbandingan sinus sudut datang dan sinus sudut bias cahaya yang memasuki bidang batas dua medium yang berbeda adalah konstan.

18-rumus-e

9. Pembiasan Cahaya pada Lensa Cekung

Sinar-sinar istimewa pada lensa cekung adalah:

Sinar datang sejajar sumbu utama dibiaskan seolah-olah berasal dari titik fokus F1

8lensa-cekung-a

Sinar datang yang melalui titik pusat lensa tidak mengalami pembiasan

9-lensa-cekung-b

Sinar datang yang seolah-olah menuju titik fokus, dibiaskan sejajar dengan sumbu utama

10-lensa-cekung-cSifat Bayangan pada Lensa Cekung

  • Sifat bayangannya selalu maya, tegak, dan diperkecil


10. Pembiasan Cahaya pada Lensa Cembung

Sinar-sinar istimewa pada lensa cembung adalah:

Sinar datang sejajar sumbu utama dibiaskan melalui titik fokus

11-lensa-cembung-a

Sinar datang yang melalui titik pusat lensa tidak mengalami pembiasan

12-lensa-cembung-b

Sinar datang melalui titik fokus akan dibiaskan sejajar sumbu utama

13-lensa-cembung-c

Sifat Bayangan pada Lensa Cembung

  • Jika benda di ruang I, maka bayangan yang terbentuk adalah maya, tegak, diperbesar.
  • Jika benda di ruang II, maka bayangan yang terbentuk adalah nyata, terbalik, diperbesar.
  • Jika benda di ruang III, maka bayangan yang terbentuk adalah nyata, terbalik, diperkecil.

11. Rumus-Rumus Lensa

Rumus kuat lensa

19-rumus-f

Rumus pembentukan bayangan pada lensa

20

Rumus lensa gabungan

21

sumber: http://www.e-edukasi.net

45 Comments

  1. erwin randjawali said,

    materinya terlalu sedikit tuh. tambah lagi misalnya sifat-sifat bayangannya, sinar-sinar istimewanya gitu. jangan hanya penjelasan yang seperti itu doang dong.

    • blackpearlvida said,

      ok”.. tengkyuw yia commentnya… nanti saia tambahin..

    • alalala said,

      perasaan itu udah lengkap baaanget deh.. emang kurang apaanya?

  2. nHAnnd_a said,

    wahhh,, bergunna banget!!

    masalahnya bes0g aq Ulangannya Tenttang GambaR,, Pmantulan ama pembiasann..

    biasssa anak SMP!!!

    • blackpearlvida said,

      hwhehwehwehweh
      pelajari bhaek” ya…

  3. rachman said,

    menurut saya cukup bagus
    coba ditambahkan hukum snellius

    • blackpearlvida said,

      hmm. hukum tentang pembiasan itu,ya? saia lupa itu..
      hehehe. tengkyuw yia…

  4. imenk said,

    bagus untung ada web kya gni bikkin gw gampang ngerjain tugas
    klo ga si AGUS bakan marah” dah ma gw

    ket:AGUS=GURU FISIKA TANPA EKSPRESI

    • blackpearlvida said,

      whehehehe…. tengkyuw… seneng bisa bantu ngerjain tugas… btw blog ini jg tugas dari dosenQ lho… (tengkyuw ya pak dosen.. hehehe)

      • yessy said,

        haaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  5. salman said,

    de’ numpang CoPas boleh ya? Terimakasih

    • blackpearlvida said,

      iya, copas ajaa…

  6. arya said,

    kk,,,
    contoh soal na d buat se xan…….
    biar lbih ngerti kita2 na……

    • blackpearlvida said,

      iya,, kalo sempet ya dek…
      *sibuk kuliah,,

  7. njacx bankey said,

    hehehe,,
    gw dah rajin nih,,
    gw lagi ngerjain nih,,
    hehehe

    salam buat razesixxxx,,, yang rajin”
    heheheehhehhe

  8. sandy said,

    thq ya udah dikasih taw coz bsok ada tugas dri guru IPA soal pembiasan cahaya

  9. Risa said,

    thanks y. atas ilmunya. aq jd lebih mudah belajar fisika…..

    oh ya kalau bisa ditambahkan materi tentang pembiasan pada kaca plan paralel dan prisma ya. bwr tambah lengkap…
    tak tunggu lanjutan ilmunya….

    • blackpearlvida said,

      kalo sempat,yaa…

      makasi”,,

  10. Ardi said,

    Thanks y om…

    • blackpearlvida said,

      hadu,,saia bukan om”…
      *masih kuliah,,

      • Destantry Jasmine said,

        masa dibilang om”??????? :/

  11. rizky aditya said,

    bagus banget apalagi buat anak smp kyk gue thank’s ya

  12. H8ime said,

    makasih^^ itu sangat membantu pr saya…LOL

  13. aq said,

    oh ya,,
    yng bner yng mna sie,,
    perbesaran lensa itu ada negatif ap nggak ad negatif nya,,
    aq bingung nie?

    • blackpearlvida said,

      wah… lupa….
      tapi kayaknya perbesaran di lensa smwa udah di absolut-in,yaa. jadi smwa hasilnya positif?
      *maaphlupamateri

  14. cynthia said,

    thanks bgt yaa… buat tambahan belajar kuis, soalnya catetan sma udah g ada…hehehe

    • blackpearlvida said,

      samasama,,
      bingung juga ya kalo catetan sma gag ada…
      *catetan saia ilang juga sih…

  15. syariftz said,

    thkz bnget bro..

  16. ordinarylia said,

    Makasih banget ya udah buat artikel kaya gini…
    Aku ada PR Fisika, jd merasa terbantu krn posting ini. :D

  17. willy negara said,

    aduh aduh
    pusing kepalaku mikirin pelajaran fisika

  18. zonth said,

    mantaaap, materi ini yg masih ane bingung..

    nice post gan..

    thanks :)

  19. irfan hikari said,

    mantap….sip, thank ya

  20. teguh said,

    wahh makasih y buat anak smp cucok neh
    hehehhe :D kalo bisa d buat materi tentang bayangan y kak :)

  21. Blitzboy said,

    Wah, thx bos! Kebetulan ebsok gwa ulangan umum nih.

  22. isong said,

    trims ya om,

    aku dah dpt ilmu yg bnnyk, dan penjelasan tentang cermin mudah ngertinya

    • isong said,

      eh, maaf tante blackpearlvida …hehehe

      • blackpearlvida said,

        iya,nggak apa”
        hehe

  23. Destantry Jasmine said,

    Ini sangat membantu PR saya……………………
    Kalau bisa tolong ditambahkan dengan contoh-contoh soal n’ soal-soal latihan supaya kita bisa lebih ngerti…….
    Thanks kak…… :)

  24. Destantry Jasmine said,

    Ini bagus banget buat siswa SMP kayak aku……….
    Thanks kak………….
    Dari sini aku bisa lebih ngerti lagi tentang materi cahaya…………. :)

    • blackpearlvida said,

      wahh,,
      makasi yaa,,
      seneng banget bisa bantu,,

  25. Destantry Jasmine said,

    That’s great

  26. blackpearlvida said,

    seneng bisa bantu kalian semua,
    kalo sempet pasti nulis tentang yang lainnya lagi.
    untuk sekarang saya masih sibuk kuliah,jadi belum sempet nulis lagi. :D

  27. Ooph said,

    okelah pnjelasan nya

  28. monika said,

    makasih y kak ,,
    karna bantuan dri k3 ,,,
    aq jd mudah mnyelesaikan tgas q ,,,

    oy k3 , law k3 cmpat tambahin donk kak contoh coal y ,,
    biar agak ngerti awak ngerjain y ,,,

  29. fajar said,

    ini membantu saya belajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: